Insan Pasca Stroke (IPS) – M. Rofiq (1)

SEMANGAT PAK, WALAU NGETIK DENGAN TANGAN KIRI

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Tulisan ini merupakan pengalaman pribadi penulis mulai awal terkena sakit “STROKE” sampi enggak tahu kapan tulisan ini saya anggap selesai. Ditulis apa adanya tanpa diedit dan dikoresi orang lain (pasti banyak yang tidak karuan bahasanya dll dsb ) tapi tetap minta bantuan anak kalau perlu data (pakai data segala heee). Barangkali ada sedikit yang bisa diambil manfaatnya dari tulisan ini.

Betapa sulitnya memulai menulis ini karena kondisinya seperti belajar ngetik lagi (pakai smartphone), jemari tangan saya itu besar2 sehingga sering salah nekan keyboard apalagi ngetiknya pakai tangan kiri karena yang tangan kanan InsyaAlloh belum berfungsi, belum lagi otak saya InsyaAlloh masih sulit untuk berfikir yang berat2 atau mengingat kejadian yang lalu, misal ingat “sesuatu” dan baik kalau ditulis maka lansung menghidupkan smartphone untuk nulis, tapi yang terjadi adalah ……blank……lupa lagi apa yang akan ditulis.

Sedikit berbicara data bahwa secara global sebanyak 15 juta orang setiap tahunnya (di dunia) terserang sroke dan satu pertiga meninggal dan sisanya mengalami “Kecacatan Permanen”, yang sebetulnya dapat “dicegah”, itu menurut medis tapi kalau jika menurut Alloh SWT sediri berkehendak lain misal M. Rofiq akan sembuh total maka pastinya “saya  akan sembuh total” Aamii 3x .

Penyakit setroke tersebut menyebabkan kematian nomor 3 setelah jantung koroner  dan kanker, 1 dari 10 kematian (dari 3 penyakit tadi) disebabkan oleh stroke . Saya berkeinginan berbagi ceritera heee…. ceritera, siapa tahu saudara atau teman atau tetangga atau anda sendiri punya potensi sakit sroke.

Tgl 12 Januari 2016 diawali sholat subuh berjamaah di Masjid. Sepulang dari masjid seperti biasanya menyiram bunga dan memberi makan ikan + burung + kucing anggora (jumlahnya masing masing tidak banyak) untuk hiburan sekaligus olah raga pagi heee……. Selesai pekerjaan yang sangat menyenangkan menurut saya selanjutnya saya duduk duduk sebentar sambil minum “kopi” encer, kira2 jam 6.45 saya mandi karena seperti biasa jam 7.15 saya ke kampus. Anak2 sudah berangkat semua (anak saya sebanyak 4 orang, yang no 2 kerja di daerah Towuti Sulsel) tinggal istri (Alhamdulillah istri belum berangkat kerja), sedangkan asisten rumah tangga baru datang jam 08.00. Kira-kira jam 07.00 saya selesai mandi dan sudah pakai sarung (masih didalam kamar mandi) tahu2 saya seperti kehilangan daya/kekuatan/limbung, langsung saya panggil panggil istri (saya masih ada sura dan tenaga) dan Alhamdulillah istri berada tidak jauh dari kamar mandi sehingga terjadi dialog antara istri dan suami begini: “kenapa mas kok panggi panggi”, dijawab suami “iki lho dik tangan kakiku kok dadi lemes”, langsung istri saya teriak “cepat mas buka pintu kamar mandi” dan saya masih bisa merespon buka pintu dan setelah itu saya tidak berdaya dan boleh dikatakan 85 % tidak sadarkan diri, Allohuakbar, jika Alloh menghendaki sesuatu maka kita tidak bisa menghindar, KUN FAYAAKUN.
Mungkin saya cara mandinya belum ngikuti sunah Rosul sehingga jadi begini. Istriku cukup cekatan menolong saya, mungkin dia sehari2 nya kerja di puskesmas tempatnya orang sakit heeee…….

Saya kira sekian dulu ya, Insya Alloh di lain waktu disambung lagi.

Dari tulisan sederhana ini dapat dibuat ringkasan sbb:

1). Setroke menyebabkan kematian no 3 setelah jantung koroner dan kangker

2). Sebanyak 1/3 yang kena setroke meninggal dunia dan sisanya menderita kecacatan permanen yang sebetulnya dapat “dicegah”

3). Hendaklah kalau mandi ngikuti cara – cara yang diajarkan oleh Rosululloh.

Wassalamu’alaikum WW

Lampung, 23 Februari 2017

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s