Insan Pasca Stroke (IPS) – M. Rofiq (11)

MINUMAN SUKUN DAN KARET KEBO & SENAM STROKE

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

SUKUN 

Buah sukun saya kira sudah tidak asing lagi karena biasa dijajakan di tepi jalan sebagai nyamilan gorengan yang cukup enak dan lezat. Saya tidak akan membicarakan kelezatan buah sukun, tapi kenikmatan minuman yang terbuat dari daun tanaman sukun.

Pertama saya mendapat pesan lewat fb dari alumni supaya saya minum rebusan daun sukun yang sudah tua, katanya temannya kena stroke bisa sembuh total dengan minum rebusan daun sukun tersebut secara terus menerus. Apa salahnya ngikuti saran itu dan ternyata tidak sulit mendapatkan daun sukun, dan tentu yang punya pohon sukun dengan senang hati memberikannya karena yang diambil daun yang berwana coklat karena sudah tua dan hampir berguguran.

Rasanya rebusan daun sukun menyerupai minuman teh, karena saya sangat suka minuman itu sampai – sampai saya menanam sukun di pot. Saya oleh anak istri dibilang aneh nanam sukun di pot karena batangnya nantinya akan besar sekali, kalaupun argumen mereka benar tapi tetap saya yang menang heee……..  

Dibawah ini ada video manfaat daun sukun, kalaupun untuk stroke tidak/belum disebut tapi masalah pembuluh darah untuk jantung disebut, yang jelas sudah ada rekomedasi alumni (Mahmudi Regyys).

KARET KEBO

Karet Kebo (karet = tanaman karet, kebo = kerbau) bagi orang sakit stroke merupakan tanaman yang sangat familier di kuping dan populer. Mungkin penamaan daerahnya disebut KARET karena tanaman tersebut banyak mengeluarkan getah seperti tanaman karet (mungkin satu famili dengan tanaman karet), sedang KEBO adalah hewan yang besar seperti halnya tanaman tersebut yang tumbuhnya besar (mungkin begitu). Saya dapat khabar tentang khasiat karet kebo pertama dari kakak di Malang, terus juga teman di Lampug (Pak Hamdani) juga memberi tahu mengenai khasiat tanaman tersebut. Sewaktu saya nunggu giliran fisioterapy di klinik, ketemu pasien dari Metro – Lampung juga ngomongin karet kebo tersebut dan saya dikasih tahu kalau mencari daunnya di rumah dinas gubenur saja disana banyak dan cukup minta ijin satpam saja pasti dikasih, katanya. Tapi anak istri mandapatkan daun karet kebo dari halaman masjid Islamic Center. Malahan dibawah pohon ada banyak biji jatuh yang berkecambah, saya ambil untuk ditanam dalam pot. Tujuh lembar daun karet kebo direbus, hasilnya sugguh enak seperti rebusan daun sukun. Menjadi minuman saya sahari – hari, kalau tidak daun sukun ya daun karet kebo, semoga suatu saat akan saya dapatkan manfaatnya seperti yang saya harapkan, Aamiin 3x. Minuman enak dan berkhasiat, kok belum ada yang menjadikan lahan bisnis ???.

——————-

Saya setiap pagi hari setelah bangun tidur minum air hangat (bukan air dingin) sebanyak 4 gelas, ini diinformasikan p Hamdani melaui WAG dosen yang ternyata minum air hangat 4 gelas setiap pagi bisa memperlancar aliran darah. Terimakasih infonya pak.

Juga diakhir tulisan saya yang sederhana  ini saya lampiri vidio senam stroke, walau model orang yang seterlalu lincah karena orang sehat heee, selamat senam stroke. Video-video ini saya dapat dari Pak Hamdani, Bu Raida, dan Pak Riyadi S (teman-teman saya yang sudah 30 tahun mengabdi di Polinela), terimakasih ya.

Wasalamu’alaikum Wr. Wb.

Bandarlampung, 21 Maret 2017

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s