Insan Pasca Stroke (IPS) – M. Rofiq (14)

FISIOTERAPI

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Fisioterapi merupakan proses merehabilitasi seseorang biar terhindar dari cacat fisik melalui serangkaian proses penilainan, diagnosis, perlakuan, dan aktivitas pencegahan. 

Berat juga tugasnya ya yang bertugas di bagian fisioterpi,  saya merasa petugas fisioteripi harus sabar serta ramah dan hal itu benar – benar diterapkat di ditempat praktik. Biasanya di bagian fisioterapi cuma melayani jumlah pasien terbatas saja setiap harinya, dan waktunya sudah ditentukan harinya karena untuk menghindari penumpukan pasien. Ada RS setiap harinya hanya melayani 30 pasien sehingga banyak pasien yang mengambil nomor urut pagi – pagi setelah subuh biar dapat bagian. Ada praktek fisioterapi swasta dan setiap hari hanya bisa menangani 12 pasien saja dan tidak boleh ngambil nomor duluan, sehingga banyak yang kembali lagi karena tidak kabagian nomor urut.

Selain petugasnya juga fasilitasnya yang kurang (ini yang saya rasakan), sehingga  menyebabkan sedikitnya pasien fisioterapi bisa ditangani. Misalnya untuk rehabilitasi wicara (kebetulan saya dirumah sakit yang ada tenaganya yang nangani wicara), kelihatannya tidak semua tempat fisioterapi ada ahlinya/petugasnya yang nangani wicara, dan saya sudah dinilai/dinyatakan 85% bagus wicaranya (itu 10 bulan yang lalu), Alhamdulillah.

Buku yang berhasil saya baca, sebetulnya dimana saja fisioterapi dilakukan tidak masalah (fisioterapi mandiri), oleh kerena itu saya melakukan fisioterapi di rumah saja dan minta  tolong diawasi petugas dari RS, dan biasanya sekali fisioteri selama 45 menit tanpa panyinaran. Untuk penyinaran ultra merahnya saya pakai lampu Theratherm Osram, dan bisa dilakukan sendiri. Selain itu saya juga ditangani terapist, dia seperti tukang pijit tapi untuk mendapatkan keahlian itu ada ujian kompetensi dari depkes (kata nya).

Fisioterapi saya lakukan 1 kali seminggu, terapist 2 kali seminggu, latihan dipandu istri sendiri sebisanya 2 kali sehari (pagi sore), dan kadang – kadang mandi di air panar Natar (1 minggu sekali). Itulah kegiatan saya sehari – hari.

Semoga dengan apa yang saya lakukan itu dapat memberikan hasil yang maksimal, kepada teman – teman saya juga mohon do’a nya semoga saya cepat sehat walafiat, Aamiin 3x.

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Bandar Lampung, 2 April 2017

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s