Insan Pasca Stroke (IPS) – M. Rofiq (15)

“BEKAM”

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Satu lagi pengobatan yang saya lupa ceritakan disini yaitu “bekam”. Sebetulnya bapak yang bekam saya adalah yang juga nerapi saya, jadi berapa kali terapi diselingi dengan bekam. Awalnya saya takut dibekam karena diambil darahnya dengan cara disedot, tapi yah mau tidak mau harus dijalani dan sampai sekarang kalau tidak salah sudah 7 kali bekam. Sebaiknya konsultasi dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk terapi bekam. Karena siapa tau ada kontraindikasi untuk pasien yang masih minum obat pengencer darah.

Barangkali ada yang ngomong/berfikiran klo pak Rofiq itu sekarang lebay banget sedikit – sedikit dibuat tulisan, oh tidak begitu ya, tujuan awalnya nulis semua ini untuk melatih otak saya karena saya dan anak istri sadar klo hasil pemeriksaan dokter nyebutkan bahwa otak saya rusak (tidak sampai 25% rusak otak), siapa tahu dengan latihan berfikir/menulis/mengasah otak dsb merupakan bagian dari terapi yang bisa membuat saya sedikit lebih baik atau sukur – sukur lebih banyak baiknya, karena disekitar otak yang rusak terebut kata dokter akan terjadi rangsangan antara syaraf – syaraf terdekat sehingga saling berhubungan dan semoga saja hal tersebut dapat menggantikan peran otak yang rusak tersebut, Aamiin 3x yra.

Saya juga rajin ngikuti WAGroup walau tidak aktif (kalau mengikuti secara aktif takut kalau ada salah paham), kalau betul – betul tidak menyangkut masalah saya maka saya berusaha pasif, apabila sudah menyangkut saya ya saya harus ikut nimbrung, dan ternyata WAG dapat sangat membantu ingatan saya. WAG yang saya ikuti adalah: WAG Jurusan Perkebunan, WAG Dosen Polinela, WAG Tajulan SMA DHAHA Kediri, WAG Bravo 79 UNEJ, WAG Bani Ilyas, WAG Al Aziz Wlingi, bahkan di WAG terakhir setiap pagi mengupload Alq’uran dan terjemahannya sebanyak 10 ayat, sedikit memang yang penting rutinitasnya. Kalau pada awalnya saya terasa pusing di kepala kalau untuk bepikir/membaca sedikit saja dan istri langsung ngukur tensi saya, sekarang sudah tidak pusing lagi artinya memang ada kemajuan otak saya untuk berpikir.

Bekam (hijamah) adalah mengeluarkan darah kotor/mati dari dalam tubuh sehingga tidak ada lagi darah yang kotor sehingga penggumpalan tidak terjadi. Terapi bekam dan minum madu merupakan metode pengobatan di jaman Rosululloh SAW. Dalam hadis disebutkan bahwa “Setiap penyakit ada obatnya, jika obat yang tepat diberikan, dengan seijin Alloh, penyakit itu akan sembuh”. Hadis lainnya menyebutkan “Alloh tidak menurunkan suatu penyakit tanpa menurunkan obatnya”. 

Kalau yang saya pahami bekam itu mengambil darah yang kotor dari badan kita (mulai kepala sampai kaki), dengan cara ditempeli wadah mangkuk yang bisa “dihampakan udara” sehingga kulit/daging/darah mejadi menggembung karena tersedot, selanjutnya mangkuk dicopot dan bagian yang menggembung tadi dilukai kecil – kecil (ada alatnya) dan mangkok dipasang lagi disedot lagi dan kotoran darah akan terbawa ikut keluar. Kira – kira begitulah definisi bekam menurut saya heee, kelihatannya yang paling penting bagian/titik mana saja yang bi bekam dan berapa titik yang dibekam, makanya setiap bekam berlainan tempat titiknya. Yang disunah kan Nabi untuk bekam tgl 17, 19, 21 H (menurut yang bekam saya). Hasilnya didapatkan darah yang warnanya berlainan, ada yang merah darah ada yang merah kehitaman. 

Semoga terapi bekam dan terapi – terapi yang lain yang saya jalani merupakan obat untuk penyakit saya, Aamiin 3x

Wasalamu’alaikum Wr. Wb

Bandar Lampung, 8 April 2017

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s