Insan Pasca Stroke (IPS) – M. Rofiq (16)

“PENTINGNYA TENSIMETER”

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Tensimeter adalah alat untuk mengetahui tekenan darah, apakah tekanan darah kita normal, terlalu tinggi atau terlalu rendah, terlalu tinggi atau terlalu rendah sama bahayanya karena bisa berakibat “stroke”, baik itu cuma gejala stroke, penyumbatan pembuluh darah, atau sampai pembuluh darah pecah (pendarahan). Pendarahan sendiri ada tingkatannya yaitu 1 titik pendarahan, 2 titik, 3 titik dan seterusnya, dan kalau saya kata dokter berdasarkan photo ronsen otak ada 9 titik pendarahan dan itu menyebabkan kerusakan otak tidak sampai 25%.  Makanya jangan sampai lengah/terlupakan memeriksa masalah tekanan darah kita terutama yang sudah sepuh (umur 50 th keatas).

Sebetulnya boleh dikatakan suatu peringatan “Awas Bahaya Sekali Lho” bagi yang tensi/tekanan darah nya diatas atau dibawah rata – rata, saya berharap semoga bpk/ibk yang mempunyai riwayat  keturunan tekanan darah tidak normal dapat bisa tertip mengecek tekanan darahya dan harus diikuti tindakan kalau terjadi diluar ketentuan.

Ini sebagai contoh jelek banget adalah saya sendiri, sebetulnya dari pihak istri tidak kurang ngingatkan saya terutama makanan karena saya ada keturunan darah tinggi, dan sampai dibelikan tensimeter sendiri. Sebelum sakit saya terbiasa tekanan darah 180/100 (luar biasa tinggi), dan nurunkan menjadi tekanan darah 160 saja sulit sekali (jelas sulit makanannya apa saja mau), padahal kalau lihat tekanan darah berdasarkan umur seperti dalam tabel di bawah ini nomalnya adalah 131/86. 

Tapi mengapa sekarang ternyata saya bisa mempertahankan tekanan darah yang ideal tersebut (137/81) setelah terjadi serangan stroke ?, ya karena saya makan tidak sembarangan lagi takut terkena serangan yang ke dua, seandainya saya sadar sejak awal bahayanya berakibat separti ini pastilah saya akan menjaga tensi saya biar tatap normal. Tapi yang sudah terjadi tidak perlu disesali, iklas saja.

Selain tensi/tekanan darah tinggi atau tekanan darah rendah, kolesterol juga penyebab penyakit stroke.

Tulisan diatas sangat sederhana, mudah diucapkan tapi sulit dilakukan (terutama untuk saya), dan sekedar untuk menjaga faktor resiko agar tidak terulang lagi stroke untuk diri saya sendiri, dan juga sekedar ngingatkan bapak/ibuk semunya biar terhindar dari panyakit stroke, Aamiin 3x YRA.

Wasalamu’alaikum Wr. Wb.

Bandar Lampung, 22 April 2017

Leave a Reply

